Logo Logo

5 Kandungan Pembersih Wajah Lembut Pencegah Maskne!

Di saat pandemi ini, kulit wajah tiba-tiba muncul maskne? Tak usah khawatir, temukan kandungan pembersih wajah yang lembut untuk mencegah maskne di sini!

Kulit wajah adalah satu bagian tubuh yang bisa dikatakan penting untuk bagi kalangan perempuan. Tak dipungkiri, kesadaran dan kepedulian untuk menggunakan pembersih wajah dan jenis skincare lainnya pun meningkat. Terlebih di masa pandemi ini kita wajib untuk menjaga kebersihan wajah lebih ekstra agar pori-pori tidak tersumbat dan terbebas dari masalah jerawat karena pemakaian masker (atau biasa disebut maskne). Karena itu, simak langsung kandungan pembersih wajah yang lembut dan tepat untuk terhindar dari maskne di bawah ini.

Aloe Vera

Sejak awal, tumbuhan bertekstur gel ini dikenal dengan beragam manfaat yang bisa kita dapatkan baik untuk tubuh, maupun kulit. Aloe vera atau lidah buaya dikenal memiliki kandungan yang sangat baik untuk menjaga kelembapan kulit, seperti kalsium, fosfor, zat besi, zinc, magnesium, antioksidan, vitamin A, B, C, dan E. Dengan beragam vitamin dan antioksidan di dalamnya, aloe vera ini mampu melembapkan kulit, mengatasi masalah kulit (seperti: ruam, iritasi, dan jerawat), hingga mengobati luka bakar. Tak heran kalau tumbuhan ini mendapatkan istilah ‘healing plant’ karena memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh, terutama kulit.

Kamu bisa menggunakan lidah buaya atau produk skincare yang memiliki kandungan tumbuhan ini untuk melembapkan kulit wajahmu sebelum beraktivitas dan juga menjadi obat untuk mengatasi maskne, nih.

Chamomile

Kalau mendengar tentang chamomile, biasanya orang-orang akan terlintas teh hangat atau tanaman herbal. Ya, memang dahulu chamomile ini lebih sering dikonsumsi sebagai minuman yang baik untuk kesehatan. Tapi, tidak untuk sekarang. Tanaman ini, sekarang sudah mulai banyak dikembangkan sebagai salah bahan dasar produk pembersih wajah yang lembut, serta produk skincare lainnya untuk memperbaiki kondisi kulit yang mengalami kerusakan.

Di dalam chamomile, ternyata terdapat kandungan aktif seperti terpenoid, flavonoid, hydroxycoumarin, mono dan oligosakarida, serta getah tanaman. Tanaman Chamomile berfungsi sebagai antibakteri, antiradang, antialergi, antioksidan, dan bahkan bisa digunakan sebagai analgesik (pereda nyeri) untuk radang kulit, terapi kulit, atau terapi luka bakar. Dengan kandungan aktif dan fungsi itu, bagi kamu yang memiliki alergi, jerawat (maskne), atau ada bekas jerawat bisa merawat kulit wajahmu dengan produk perawatan wajah yang ada kandungan chamomile-nya.        

Green Tea

Serupa dengan chamomile, daun green tea juga terlebih dahulu dikenal dan dikonsumsi sebagai minuman herbal oleh orang Asia, terutama Jepang.  Tapi, seiring berjalannya waktu, green tea atau teh hijau dikembangkan menjadi salah satu bahan perawatan kulit, seperti pembersih wajah. Salah satunya, daun green tea dari daerah Uji, Kyoto. Daun green tea diketahui kaya akan antioksidan yang bisa membantu memperlambat penuaan, serta polifenol yang mengaktifkan kembali sel-sel kulit yang sudah rusak. Selain itu, green tea juga memiliki senyawa tanin yang bisa mengecilkan pori-pori dan mengurangi produksi sebum berlebih, yang menjadi sumber kemunculan maskne dan jenis jerawat lainnya.

Rose

Kandungan pembersih wajah yang lembut selanjutnya adalah rose. Ya, rose atau mawar ini tidak hanya cantik untuk digunakan sebagai hiasan, tetapi juga bisa merawat kulit wajahmu menjadi cantik, lho. Di bidang kecantikan, mawar dimanfaatkan ekstraknya untuk berbagai produk perawatan wajah, seperti pembersih wajah, masker, hingga campuran air mawar. Hampir serupa dengan chamomile, mawar juga mengandung bahan antiseptik dan antibakteri yang bermanfaat untuk relaksasi pada kulit. Selain itu, adapun anti-inflamasi di dalamnya yang membantu meredakan efek ruam atau peradangan kulit. Nggak berhenti sampai di situ saja, mawa juga mengandung vitamin A, C, dan E, lho. Sehingga, produk perawatan yang memiliki kandungan rose sangat baik bagi kamu yang ingin mencegah penuaan, pembersih wajah, mencegah munculnya jerawat, dan mencerahkan kulit wajah secara alami.        

Hyaluronic Acid

Last, but not least, kandungan pembersih wajah lembut yang bisa kamu manfaatkan untuk menghindari maskne dan jenis jerawat lainnya adalah hyaluronic acid (HA) atau asam hyaluronat. Kandungan ini dipercaya mampu menangkal radikal bebas dan menjaga kelembapan pada kulit wajah. Sebenarnya, hyaluronic acid sendiri sudah ada pada permukaan kulit manusia. Namun, karena manusia mengalami pertambahan usia, kulit semakin lambat dalam memproduksi hyaluronic acid alami. Sehingga, mengakibatkan munculnya garis halus dan keriput. Karena itu, penting untuk kamu memilih produk perawatan wajah yang mengandung kandungan hyaluronic acid.

Jadi, tidak hanya mencegah munculnya maskne dengan bahan-bahan yang sudah disebutkan di atas, kamu juga perlu menyeimbangkan kondisi kulitmu dengan menjaga kelembapannya.

Nah, apakah produk perawatan wajah yang kamu gunakan sudah memiliki lima kandungan alami yang disebutkan di atas? Kalau belum, baiknya kamu segera mencarinya agar terhindar dari maskne dan masalah kulit lainnya ya, Teman Senka! Kabar baiknya, kalau kamu mencari varian pembersih wajah yang lembut dan sheet mask yang mengandung kelima kandungan tersebut, kamu bisa dapatkan di Senka Indonesia, nih. Kamu bisa langsung cek dan pesan varian favoritmu ke Senka Official Shop, ya!