Logo Logo

Wajib Tahu! Ini Penyebab Flek Hitam di Wajahmu!

Sebenarnya apa sih yang menjadi penyebab flek hitam di wajah? Teman Senka bisa mengetahui jawabannya di artikel ini. Yuk, intip selengkapnya!

Coba kamu perhatikan kulit wajahmu, apakah terlihat bintik-bintik hitam? Kalau iya, mungkin saja itu adalah flek hitam, Teman Senka. Flek hitam atau ephelis merupakan kumpulan bintik-bintik kecil atau pigmen alami yang memiliki warna lebih gelap daripada area di sekitarnya. Tapi, tenang saja, karena kondisi ini sangat wajar terjadi dan tidak membahayakan. Lalu, apa penyebab flek hitam di wajah? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

 

Penyebab Flek Hitam di Wajah

Munculnya pigmen lebih gelap pada di beberapa area kulit bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari faktor genetik hingga perubahan hormonal. Untuk mengetahui lebih lengkap, simak penjelasannya di bawah ini hingga habis ya, Teman Senka.

 

1. Faktor genetik

Salah satu faktor utama munculnya flek hitam pada wajah adalah genetik atau keturunan. Pada beberapa penelitian, disebutkan bahwa faktor genetik berperan sekitar 20-70% pada munculnya bintik hitam di wajah. Nah, jika kamu memiliki bintik hitam pada wajah, bisa jadi kamu memiliki genetik turunan dari orang tua atau bahkan kakek dan nenek kamu.

 

2. Paparan sinar UV berlebih

Salah satu penyebab flek hitam di wajah yang paling terkenal adalah paparan sinar matahari yang berlebihan. Yup, seperti yang sudah kita tahu, sinar matahari memancarkan radiasi UVA dan UVB pada kulit yang bisa sebabkan berbagai dampak buruk pada kulit. Salah satunya adalah merangsang produksi melanin, pigmen pemberi warna pada kulit, secara berlebihan. Akibatnya, kulit mengalami hiperpigmentasi atau penumpukan melanin, sehingga kulit akan menjadi lebih gelap dibandingkan dengan area kulit lainnya. Hal inilah yang dapat memicu munculnya flek hitam.

 

3. Perubahan hormonal

Pada kondisi tertentu, tubuh tentu bisa saja mengalami perubahan hormon. Ternyata, beberapa perubahan hormon ini juga bisa mempengaruhi munculnya flek hitam pada kulit, Teman Senka. Salah satunya adalah perubahan hormon estrogen yang seringkali dijumpai saat wanita sedang menstruasi atau hamil. Meningkatnya hormon estrogen pada tubuh akan mempengaruhi produksi melanin pada kulit sehingga flek hitam dapat muncul.

 

4. Efek samping obat atau kosmetik

Mengonsumsi obat seperti pil KB, obat-obatan untuk penyakit fungsi tiroid, terapi hormon, dan obat lainnya dapat memicu munculnya flek hitam pada wajah. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon pada tubuh yang dapat dipicu oleh kandungan dalam jenis obat-obatan tersebut, Teman Senka.

 

Selain efek samping obat, menggunakan kosmetik juga bisa menjadi penyebab munculnya flek hitam, karena kandungan kimia di dalamnya yang dapat memicu produksi melanin pada kulit. Beberapa kandungan dalam produk kosmetik juga bisa membuat kulit kita lebih sensitif terhadap sinar matahari, sehingga dapat meningkatkan risiko dari radiasi UVA dan UVB, salah satunya yaitu munculnya flek hitam.

 

5. Faktor usia

Seiring bertambahnya usia, kulit seseorang akan kehilangan elastisitasnya akibat berkurangnya protein kolagen yang diproduksi oleh kulit. Selain tampak kendur, hilangnya elastisitas kulit juga membuat kulit lebih rentan terhadap munculnya flek hitam.

 

6. Peradangan

Proses penyembuhan peradangan yang disebabkan oleh kondisi kulit seperti eksim, psoriasis, dan jerawat dapat memicu munculnya flek hitam akibat produksi melanin yang berlebih.

 

7. Efek pemulihan luka

Saat kulit mengalami luka akibat jerawat, tergores, atau luka lainnya, kulit akan mengalami serangkaian proses penyembuhan untuk mengembalikan kondisi kulit seperti semula. Namun, saat proses penyembuhan tersebut, biasanya kulit akan menghasilkan produksi melanin yang berlebih secara alami, sehingga dapat memunculkan flek hitam.

 

8. Mengidap penyakit tertentu

Beberapa penyakit seperti diabetes, penyakit hati, penyakit addison, tumor hipofisis, dan penyakit lainnya bisa sebabkan munculnya flek hitam pada kulit. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti insulin yang tidak dapat bekerja pada kasus penyakit diabetes, perubahan hormon pada kasus penyakit addison, dan lainnya.

 

Cara Sederhana Cegah Flek Hitam

Meskipun tidak menyebabkan dampak atau efek samping tertentu pada kulit, memiliki flek hitam pada kulit memang terkadang dapat mengganggu kepercayaan diri kita. Namun, Teman Senka nggak perlu khawatir. Ada tiga hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah munculnya flek hitam pada wajah, yaitu:

 

  • Rutin aplikasikan sunscreen

Gunakan sunscreen untuk melindungi kulit dari dampak buruk sinar UV setiap hari, meskipun kamu hanya beraktivitas di dalam ruangan. Jangan lupa juga reapply setiap 2 jam sekali, ya!

 

  • Kenakan pakaian dan aksesori tertutup

Meskipun sudah menggunakan sunscreen, melindungi kulit lebih maksimal dari sinar UV juga tidak ada salahnya. Saat cuaca sedang terik, pastikan kamu menggunakan pakaian dan aksesori yang menutupi sebagian besar kulit.

 

  • Gunakan skincare untuk mencerahkan wajah

Sama pentingnya dengan melindungi kulit dari sinar UV, membersihkan wajah dengan metode double cleansing dan menutrisi kulit juga penting banget kamu perhatikan, Teman Senka. Dengan melakukan kedua hal ini secara rutin, kulit akan menjadi bersih, cerah merona, dan terhindar dari flek hitam.

 

Untungnya, Senka memiliki rangkaian produk untuk double cleansing dan sheet mask untuk menutrisi kulit yang diformulasikan dengan bahan-bahan alami yang baik untuk kulit! Varian skincare Senka tersedia dalam makeup remover, facial foam dan sheet mask yang tersedia untuk berbagai tipe kulit.

 

Simpel banget ya Teman Senka cara untuk mencegah flek hitam pada wajah? Meskipun terlihat mudah, kamu juga perlu pastikan untuk lakukan ketiga hal di atas secara rutin, ya! Karena kalau kamu hanya melakukannya sesekali tentunya usaha tersebut akan sia-sia sehingga flek hitam bisa tetap muncul di kulit wajah.