26 May 2023 | 3 Min. Read

Penyebab Pori-Pori Membesar dan Bagaimana Mengatasinya

Kalau pori-pori yang besar, kulit jadi keliatan kasar dan tidak rata, dan membuat kotoran dan bakteri gampang masuk ke kulit, yang bisa jadi penyebab jerawat dan peradangan kulit. Makanya, penting banget buat menjaga pori-pori wajah tetap bersih dan sehat biar kulit wajah juga sehat dan cantik.

Apakah kamu merasa pori-pori wajahmu membesar hari demi hari? Kayaknya semua orang punya masalah yang sama nih! Pori-pori kulit kita memang ditentukan secara genetik, tapi kadang-kadang bisa makin membesar seiring berjalannya waktu karena beberapa faktor.

Kalau kamu merasa pori-porimu jadi musuh terbesarmu, selain blackhead dan jerawat, jangan khawatir! Ada kabar baik nih: ada cara untuk mengatasi pori-pori yang membesar dan kembali membuat kulitmu terlihat seperti di-filter di dunia nyata.

Teman Senka, jadi begini, pori-pori wajah tuh sebenernya lubang-lubang kecil di kulit wajah yang jadi jalan keluar kelenjar minyak dan keringat. Nah, kelenjar minyak ini tugasnya adalah membuat minyak yang dipakai untuk melembapkan dan jaga kesehatan kulit. Jadi, pori-pori biasanya keliatan kayak titik-titik kecil di wajah, dan ukurannya bervariasi tergantung genetika, usia, jenis kulit, dan kondisi kulit keseluruhan. Kalau pori-pori yang besar, kulit jadi keliatan kasar dan tidak rata, dan membuat kotoran dan bakteri gampang masuk ke kulit, yang bisa jadi penyebab jerawat dan peradangan kulit. Makanya, penting banget buat menjaga pori-pori wajah tetap bersih dan sehat biar kulit wajah juga sehat dan cantik.

Pori-pori besar bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari faktor internal sampai faktor eksternal. Penasaran apa saja penyebabnya?

Genetik

Ukuruan pori-pori kamu ternyata dipengaruhi banget sama genetika loh. Jadi, kalo keluargamu ada yang punya pori-pori besar, kemungkinan kamu juga akan punya pori-pori yang sama. Jadi, jangan terlalu khawatir kalo pori-porimu agak besar, karena itu juga bagian dari genetikamu!

Usia

Jangan kaget kalau ukuran pori-pori kamu membesar seiring bertambahnya usia ya! Kulit akan kehilangan elastisitasnya, jadi bisa membuat kulit terlihat kendur dan pori-pori jadi lebih terlihat. Ditambah lagi, ketika kamu semakin tua, kulitmu juga akan semakin tebal sehingga sel-sel kulit kecil menumpuk di sekitar pori-pori dan bikin pori-pori kelihatan lebih besar.

Tapi, jangan khawatir, teman senka! Ada cara untuk tetap menjaga ke elastisan kulit kamu. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung kolagen, seperti varian Senka Perfect Whip Collagen In. Kolagen adalah protein yang dapat membantu memperkuat struktur kulit dan meningkatkan elastisitasnya. Kandungan Beauty Serum Collagen yang ada dapat membantu mempertahankan elastisitas kulit kamu.

Paparan sinar matahari

Kerusakan kulit akibat sinar matahari juga bisa membuat pori-pori terlihat lebih besar. Paparan sinar matahari dapat membuat kulit menjadi lebih tebal, yang menyebabkan pori-pori menjadi lebih besar. Selain itu, paparan sinar matahari yang berkepanjangan juga dapat menghilangkan kolagen, elastin, dan air dari kulit, yang menyebabkan jaringan di bawah kulit mengecil dan menarik tepi pori-pori, sehingga pori-pori terlihat lebih besar.

Pori-pori tersumbat

Saat terlalu banyak minyak dan sel kulit mati menumpuk di dalam pori-pori kamu, maka pori-pori bisa terlihat lebih besar dari biasanya. Kondisi ini bisa terjadi jika kamu tidak membersihkan wajah secara teratur atau menggunakan produk perawatan yang tidak cocok dengan jenis kulit kamu

Untuk mengurangi minyak pada kulit wajah, kamu bisa gunakan Senka Perfect Whip Fresh. Dengan kandungan Uji Green Tea yang tinggi antioksidan, dapat mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit dan bisa mengangkat debu dan polusi yang menyumbat pori-pori.

Bagaimana cara mengatasi pori-pori yang besar?

Meskipun kita tidak dapat mengubah faktor genetika kita, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk membantu mengatasi pori-pori yang besar:

  1. Gunakan produk perawatan kulit yang mengandung bahan yang dapat meningkatkan produksi kolagen dan elastin, seperti vitamin C, retinol, dan peptida.

    Senka memang memiliki produk yang cocok untuk merawat kulit wajah kamu yang memiliki masalah pori-pori besar. Selain itu, Senka juga memiliki produk khusus yang dapat membersihkan pori-pori secara menyeluruh dan mencegah penyumbatan pori-pori, sehingga membantu untuk mengecilkan tampilan pori-pori. Senka Perfect Whip Vit C Poreless Glow ini dilengkapi dengan ekstrak Japanes Yuzu yang mampu menutrisi kulit dengan Vitamin C, yang dapat membantu mengecilkan pori-pori di wajah kamu.

  2. Gunakan tabir surya setiap hari untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang merusak.

  3. Hindari merokok dan minuman beralkohol berlebihan, karena keduanya dapat merusak kolagen dan elastin kita.

  4. Lakukan facial yoga dan pijat wajah untuk membantu meningkatkan sirkulasi darah dan merangsang produksi kolagen dan elastin.

Pori-pori yang besar mungkin tampak sulit untuk diatasi, tetapi dengan penggunaan produk perawatan kulit yang tepat dan perubahan gaya hidup yang sehat, kita dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit kita dan mengurangi penampilan pori-pori yang membesar.

Product Highlights

Perfect Whip Vit C Poreless Glow
product
avatar

Fanny Kusnadi

23 | Jakarta

Membersihkan wajah dari make up dan cocok untuk sehari-hari
avatar

Nissaasd

22 | Jakarta

Cocok untuk dry skin dan tidak membuat kulit kencang setelah dipakai saat cuci muka
avatar

Vendadias

22 | Jakarta

Melembapkan dan mencerahkan wajahku dan gak bikin gatel setelah pakai ini. Wanginya juga enak
Learn More
Perfect Whip Collagen in
product
avatar

Feranitatodingrongko

22 | Jakarta

Aku suka bnget sama tekstur nya .. selain bkin lembab ngasih efek cerah juga sih
avatar

LaurenceMargareta

22 | Jakarta

Kulit wajahku ga sekusam dulu waktu belum kenal produk ini, sekarang sudah jauh lebih cerah dan terlihat awet muda dehh.
avatar

Mariakape98

24 | Jakarta

Produk senka pertama yang aku coba. Ini tuh tipe facial wash yang bener2 enak, gak harsh di muka aku karna foamnya itu lembut tapi padat.
Learn More
Perfect Whip U
product
avatar

Syifaadzulhijjah

22 | Jakarta

Harganya terjangkau. Ini beda design kemasannya aja ya, isinya mah masih sama kayak yg lama. Overall luv bangeet
avatar

Zuhro.nisa

24 | Jakarta

Senka dari segi harga ramah dikantong, gampang ditemui dimana aja dan cocok buat kulitku yg normal to dry
avatar

Mithagc

28 | Jakarta

Bikin ringan di wajah, bisa mengangkat kotoran dan debu apalagi menghilangkan yang makeup tebel
Learn More