Logo Logo

Ini 6 Penyebab Sel Kulit Mati yang Jarang Diketahui!

Nggak cuma malas eksfoliasi, ternyata pertambahan usia juga menjadi penyebab sel kulit mati menumpuk di wajah lho! Apa sih alasannya? Cek di sini, yuk!

Teman Senka, perlu diketahui bahwa setiap harinya, kulit menghasilkan jutaan sel yang berganti setiap 28-30 hari. Nah, proses pergantian yang dinamakan regenerasi ini, bekerja dengan cara mendorong sel kulit mati yang menumpuk di pori-pori ke permukaan kulit wajah. Tujuannya, agar sel kulit mati tersebut dapat segera dibersihkan dan permasalahan kulit, seperti komedo, kusam, jerawat, dan pori-pori tersumbat dapat dicegah. Lantas, sebenarnya apa sih yang menjadi penyebab sel kulit mati timbul di wajah? Yuk, cari tahu jawabannya pada artikel ini!

1. Kurang Maksimal Membersihkan Wajah

Penyebab sel kulit mati yang pertama adalah kurangnya maksimal dalam membersihkan wajah. Wajah yang dibersihkan secara asal-asalan masih menyisakan debu, kotoran minyak, dan polusi di pori-pori. Alhasil, proses regenerasi kulit pun jadi terhambat dan membuat sel kulit mati menumpuk pada wajah. Makanya, pastikan wajahmu telah dibersihkan menggunakan metode double cleansing agar kamu terhindar dari permasalahan kulit. 

2. Malas Eksfoliasi

Punya kebiasaan malas mengeskfolasi kulit? Well, Teman Senka perlu waspada nih! Pasalnya, kulit yang nggak pernah dieksfoliasi menyebabkan sel kulit mati tersumbat dan menumpuk di pori-pori. Lama-kelamaan, komedo dan whitehead akan timbul, serta bikin wajah jadi bertekstur. Biar kulit terlihat lebih bersih, jangan lupa eksfoliasi kulit seminggu sekali ya, Teman Senka. 

Kamu bisa pakai Perfect White Clay yang mengandung Mineral White Clay dan berfungsi untuk mengangkat kotoran secara mendalam, hingga ke dalam pori-pori, serta mengangkat minyak berlebih pada wajah. Untuk review selengkapnya, bisa cek di video ini ya!

3. Cuaca

Ternyata, faktor cuaca turut menjadi penyebab sel kulit mati lho! Soalnya, cuaca yang terlalu ekstrim, seperti sangat dingin atau sangat panas bikin kadar kelembapan kulit berkurang. Terlebih lagi kalau Teman Senka malas menggunakan pelembap, kulit akan semakin kering dan memicu menumpuknya sel kulit mati. Untuk itu, yuk, rutin gunakan pelembap supaya wajah tetap lembap, serta proteksi kulit pakai sunscreen di pagi hingga sore hari agar terlindungi dari paparan sinar matahari berlebih.

4. Faktor Usia

Seiring bertambahnya usia, produksi minyak di wajah jadi berkurang karena regenerasi sel melamban (lebih dri 30 hari). Dampaknya, wajah pun jadi semakin sedikit memproduksi minyak, sehingga cepat kering, bersisik, dan gatal, yang berujung pada menumpuknya sel kulit mati. Untuk merangsang proses regenerasi, lakukan eksfoliasi secara rutin pakai produk dengan kandungan retinol agar permukaan kulit mengelupas dan tergantikan oleh sel yang lebih sehat. 

5. Hilangnya Kadar Minyak

Semakin kering wajah saat dibersihkan, maka biasanya timbul perasaan senang karena wajah terasa bersih. Namun, ternyata, kebiasaan ini bukanlah hal yang baik, Teman Senka. Menghilangkan kadar minyak sampai benar-benar kering memancing produksi minyak berlebih di wajah dan memicu penumpukan sel kulit mati di wajah. 

6. Kulit Terlalu Kering

Seperti yang udah Senka jelaskan di poin sebelumnya, wajah yang terlalu kering faktanya dapat memicu penumpukan sel kulit mati. Hal ini dikarenakan kulit kehilangan kemampuannya dalam mempercepat proses regenerasi sel. Sehingga, kotoran yang harusnya terangkat ke permukaan teratas kulit, malah terjebak dalam pori-pori. 

Untuk mencegahnya, hindari membersihkan wajah memakai air panas terlalu sering, konsumsi makanan yang kaya antioksidan, serta gunakanlah pelembap yang sesuai tipe kulit agar kadar kelembapan terjaga dan kulit pun tetap sehat. 

Untuk mengantisipasi wajah terlihat kering setelah dibersihkan, rawatlah kulit agar selalu sehat dan menawan dengan menggunakan pembersih wajah yang tidak meninggalkan sensasi kering ketarik, seperti varian facial wash dari Senka. Mengandung Double Hyaluronic Acid dan White Cocoon Essence, facial wash Senka dapat digunakan untuk semua tipe kulit ini akan membantu merawat wajahmu tetap kenyal, lembap, sekaligus bersih. 

Itu dia 6 penyebab sel kulit mati yang jarang diketahui. Apabila Teman Senka merasa bahwa wajah kusam akibat sel kulit mati menumpuk, lakukan eksfoliasi sebagai salah satu rutinitasmu dan membersihkan kulit pakai facial wash Senka yang sesuai dengan jenis kulitmu, ya. Seluruh produk tersebut bisa kamu dapatkan secara langsung di Senka Official Store ya. Last but not least, let’s cleanse your face twice a day to get dirt-free skin, Teman Senka!

Glosarium:

  • Double Cleansing: Metode membersihkan wajah menggunakan dua tahap, mulai dari menggunakan cleansing oil/water, dilanjutkan dengan pemakaian facial wash
  • Whiteheads: Komedo putih yang tertutup di permukaan kulit.