Logo Logo

Sering Tak Disadari, Ini 10 Penyebab Timbulnya Jerawat

Timbulnya jerawat memang mengganggu penampilan. Namun, dengan mengenali 10 penyebab timbulnya jerawat, kulit bebas jerawat bisa kamu dapatkan.

Setiap orang tentunya ingin memiliki kulit wajah yang bersih, sehat, dan terbebas dari jerawat. Namun sayangnya, cukup tricky perjalanan untuk mendapatkannya. Kamu perlu merawat kulit dengan rutin membersihkan wajah dari bakteri, sel kulit mati, dan minyak agar pori-pori bersih sempurna.

Karena sudah dibersihkan pun, tetap saja tak jarang jerawat bisa tiba-tiba muncul. Lantas, apa saja sih penyebab timbulnya jerawat? Ketahui selengkapnya di bawah ini!

1. Faktor Genetik

Teman Senka, faktor genetik atau keturunan bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat loh! Coba deh perhatikan anggota keluargamu. Bila wajahnya rentan berjerawat, maka besar kemungkinan, kulitmu pun akan cenderung berjerawat pula. 

2. Pengaruh Hormon    

Penyebab timbulnya jerawat bisa terjadi karena ketidak seimbangan kadar hormon estrogen atau androgen selama hamil, menstruasi, menopause, dan faktor pencetus lainnya. Untuk hal ini, kamu bisa konsultasikan dengan dokter wajah dan perlu segera diobati dengan tepat agar tidak semakin parah.

3. Produksi Sebum Berlebih

Tahukah kamu, kulit manusia dirancang lengkap dengan kelenjar minyak? Guna kelenjar ini sebenarnya untuk melapisi permukaan kulit dan folikel rambut dengan menghasilkan sebum agar tidak terlalu kering.

Namun, lain cerita pada kulit rentan berjerawat, kelenjar minyak ini kerap memproduksi sebum berlebih, Teman Senka. Sehingga, kalau jarang dibersihkan, pori-pori wajah akan tersumbat sel kulit mati dan terciptalah komedo. Jadi, rajinlah membersihkan wajah dengan double cleansing agar kebersihan pori-pori terjaga ya!

4. Bakteri

Sejauh ini Teman Senka telah mengetahui tiga penyebab timbulnya jerawat. Nah, sekarang, Teman Senka perlu mengetahui ‘biang kerok’ yang cukup sering jadi sumber permasalahan wajah. Yup, bakteri!

Propionibacterium acnes atau bakteri penyebab jerawat ini hidup dan berkembang di permukaan kulit. Nah, bakteri inilah yang kerap menyumbat folikel rambut di pori-pori hingga menyebabkan peradangan di wajah.

5. Malas Membersihkan Ponsel

Sering timbul jerawat di pipi? Wah, bisa jadi, penyebab timbulnya jerawat karena ponsel yang kotor, Teman Senka! Umumnya, ponsel yang digunakan setiap harinya bercampur dengan polusi, debu halus, hingga keringat di permukaan tangan. Jika kotoran tersebut tidak dibersihkan, maka permukaan wajah pun secara tidak sadar akan terpapar bakteri yang ada di permukaan ponsel. 

Untuk itu, pastikan membersihkan layar ponselmu menggunakan tisu basah dan kenakan earphone secara berkala, terutama saat hendak menelepon.

6. Penggunaan Produk yang Kurang Sesuai

Pada sebagian orang, jerawat dapat timbul akibat penggunaan produk kosmetik dan skincare yang kurang sesuai, Teman Senka. Hal ini terjadi karena bahan pada produk tersebut memicu alergi atau menyumbat pori-pori, sehingga timbullah jerawat.

Bila kamu tau kulitmu cukup sensitif dan rentan berjerawat, cermatlah memilih produk kosmetik dan skincare ya. Pastikan nggak ada kandungan yang menyumbat pori-pori (non-komedogenik)  di dalamnya!

7. Detergen

Sudah rajin membersihkan ponsel dan mencuci wajah tetapi jerawat masih sering muncul? Bisa jadi kulitmu sensitif terhadap penggunaan detergen, Teman Senka. Soalnya, residu detergen yang menempel di sarung bantal bisa memicu iritasi pada kulit sensitif, sehingga timbul jerawat. Agar terhindar dari masalah ini, kamu mulai bisa menggunakan detergen bebas wangi atau pilihlah detergen yang aman digunakan bagi kulit bayi. 

8. Begadang

Apakah Teman Senka sering begadang? Jika iya, Teman Senka perlu waspada nih karena kurang tidur juga menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat di wajah. Sebab saat kita terlalu lelah, produksi hormon kortisol akan meningkat untuk menyeimbangkan kadar stres pada tubuh. Nah, hormon ini biasanya akan memicu peradangan pada tubuh, sehingga struktur dan fungsi kulit jadi rusak deh.

9. Mengonsumsi Makanan Tinggi Gula

Penyebab timbulnya jerawat yang satu ini memang cukup kompleks, Teman Senka. Di satu sisi, gula berguna untuk meningkatkan kadar gula darah sehingga produksi hormon insulin pun menjadi seimbang. Namun, di sisi lain, konsumsi gula berlebih berpotensi membuat tubuh resisten terhadap insulin, sehingga produksi hormon testosteron pun meningkat. Lama-kelamaan, wajah jadi berminyak dan timbul jerawat di area pipi dan rahang deh, huhu. Maka dari itu, bila ingin terbebas dari jerawat, batasi konsumsi gula supaya kulit jadi bersih dan sehat ya, Teman Senka. 

10. Jarang Mencuci Muka

Banyak dari Teman Senka pasti udah tau bahwa kulit wajah yang tidak segera dibersihkan setelah beraktivitas rentan berjerawat. Hal ini dikarenakan kotoran dan debu bercampur dengan keringat yang menempel di wajah, sehingga pori-pori wajah jadi tersumbat dan memicu bakteri berkembang.

Supaya nggak makin parah, rajinlah membersihkan muka pakai pembersih wajah yang lembut di kulit dan mengandung Salicylic Acid, seperti Senka Perfect Whip Acne Care. Kandungannya mampu membersihkan kotoran dan sel kulit mati hingga pori-pori sehingga wajah terhindar dari jerawat. Yuk, intip review terlebih dahulu sebelum membeli produknya!

Senka Perfect Whip Acne Care ini bisa kamu dapatkan di Senka Official Store ya, Teman Senka. Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi offline store di Guardian, Watsons, Sociolla, Indomaret, Alfamart, Kimia Farma, hingga supermarket lainnya. 

Itu dia 10 penyebab timbulnya jerawat. Supaya kondisi kulitmu tetap sehat, yuk cegah pemicunya dan mulai ubah gaya hidupmu secara perlahan. Selain itu, perhatikan pula rutinitas skincare yang kamu gunakan. Pastikan produk yang kamu miliki telah sesuai dengan tipe dan permasalahan kulitmu ya, Teman Senka. 

Glosarium:

  1. Hormon Estrogen: Hormon yang mengatur siklus menstruasi pada wanita.
  2. Hormon Androgen: Hormon yang menunjang kesehatan organ tubuh.
  3. Menopause: Berakhirnya siklus menstruasi pada wanita berusia 45-55 tahun. 
  4. Hormon Testosteron: Berfungsi untuk menjaga kesehatan reproduksi.
  5. Insulin: Hormon yang dihasilkan oleh pankreas untuk mengelola kadar gula dan mengubahnya untuk energi.