Logo Logo

Cek 9 Penyebab Wajah Gatal Bruntusan agar Cepat Hilang

Timbul bintik kecil yang terasa gatal di wajah emang bikin nggak nyaman saat beraktivitas. Yuk, cari tau penyebab wajah gatal bruntusan di artikel ini!

Memiliki wajah yang mulus dan bebas jerawat emang jadi idaman banyak orang, termasuk Teman Senka, bukan? Namun, apa jadinya kalo timbul bruntusan di wajah secara tiba-tiba? Pastinya sangat mengganggu penampilan karena bruntusan ini menyebabkan wajah jadi gatal. Kalau digaruk, nanti malah timbul bekas merah yang nggak gampang hilang. 

Supaya nggak semakin parah, ketahui lebih lanjut penyebab wajah gatal bruntusan selengkapnya di artikel ini, yuk! 

1. Kelenjar Keringat Tersumbat

Setelah beraktivitas di bawah terik matahari, biasanya akan muncul bruntusan di wajah yang terasa gatal saat digaruk. Umumnya, bruntusan ini terjadi karena keringat berlebih akibat suhu panas tersumbat di lapisan kulit terdalam. Sehingga menimbulkan iritasi berupa bruntusan kemerahan. 

Selain terasa gatal, bruntusan ini juga bikin permukaan kulit wajah jadi kasar dan kurang enak dilihat. Untuk mengatasinya, Senka sarankan untuk segera mencuci muka pakai busa yang lembut, setelah beraktivitas ya! 

2. Jerawat

Selanjutnya jerawat, masalah kulit ini menjadi salah satu penyebab wajah gatal bruntusan nih, Teman Senka. Soalnya, jerawat ini terjadi akibat sel kulit mati dan minyak berlebih yang menyumbat pori-pori terinfeksi bakteri, sehingga timbul benjolan di wajah. Ukuran benjolannya bisa bermacam-macam lho. Bisa berupa komedo putih dan komedo hitam membandel (blackhead) yang lama-kelamaan berubah menjadi jerawat meradang dan menimbulkan sensasi gatal di wajah. Supaya rasa gatalnya nggak berlangsung lama, pastikan untuk jaga kebersihan wajahmu dengan rutin double cleansing, eksfoliasi secara berkala, serta hidrasi wajah pakai pelembap, seperti sheet mask.

Sebagai opsi, kamu bisa pakai varian Bouncy Moist Mask dari Senka yang mengandung ekstrak Royal Jelly dari lebah madu berkualitas. Cara pakainya pun gampang banget. Bersihkan wajah terlebih dahulu, aplikasikan sheet mask dan diamkan selama 10-15 menit, lalu lepas dan tepuk sisa essence di wajah agar menyerap maksimal.

3. Alergi Skincare

Dermatitis kontak atau alergi kulit yang disebabkan oleh penggunaan skincare mampu menjadi penyebab wajah gatal bruntusan. Kondisi ini terjadi karena jenis bahan aktif skincare tertentu, seperti zat pewangi, pengawet, AHA, dan paraben, menjadi paparan zat alergen dan memicu reaksi kulit. Hasilnya, kulit jadi terasa gatal, bengkak, kemerahan, hingga mengalami pengelupasan serius apabila tidak segera ditangani.

Untuk mengetahui tanda-tandanya, perhatikan area wajah yang diolesi skincare yang baru kamu gunakan. Bila tipe kulitmu kering tapi timbul bruntusan di area wajah yang jarang ditumbuhi jerawat, itu berarti skincare tersebut menimbulkan reaksi negatif di kulit dan pemakaiannya disarankan untuk tidak dilanjutkan lagi. 

4. Infeksi

Selain tiga faktor di atas, infeksi juga dapat menjadi penyebab wajah gatal bruntusan lho. Bakteri streptokokus atau stafilokokus yang menempel di permukaan wajah menginfeksi kulit, sehingga permukaan wajah jadi terasa kasar dan timbul bruntusan.

5. Sisa Makeup dan Pembersih Wajah

Setelah seharian beraktivitas, sering kali kita malas membersihkan makeup karena terlalu lelah. Padahal, sisa makeup dan pembersih wajah yang nggak dibersihkan secara menyeluruh akan menyumbat pori-pori dan menimbulkan bruntusan di kulit lho! 

Agar wajahmu terhindar dari penyebab wajah gatal bruntusan, Teman Senka perlu membersihkan wajah dengan metode double cleansing. Pertama-tama, aplikasikan pembersih wajah berbahan dasar air, seperti Senka A.L.L Clear Water Fresh. Dilanjutkan dengan pemakaian facial wash sesuai tipe kulitmu agar kotoran terangkat optimal. Setelah itu, baru deh kamu bisa beristirahat dengan tenang. Biar lebih yakin, cek video cara membersihkan makeup di sini, yuk!

6. Keratosis Psilaris

Kerap disebut kulit ayam, Keratosis Psilaris umumnya ditandai dengan adanya benjolan kecil yang kering dan terasa kasar saat disentuh. Bentuknya pun bermacam-macam, bisa berupa kemerahan atau kecokelatan, tergantung warna kulit Teman Senka. Supaya rasa gatalnya nggak semakin parah, yang perlu kamu lakukan adalah menjaga kelembapan kulit dengan pakai pelembap setiap harinya.

7. Perubahan Hormon

Teman Senka, bruntusan bisa juga muncul karena ada perubahan hormon di tubuh menjelang pubertas, menstruasi, hingga kehamilan, lho. Peningkatan kadar hormon tersebut memicu produksi kelenjar minyak berlebih. Efeknya, pori-pori kulit jadi tersumbat dan bruntusan pun timbul deh.

8. Jarang Eksfoliasi Kulit

Teman Senka, wajah yang bruntusan tetap butuh dieksfoliasi lho. Hal ini karena eksfoliasi mampu mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori-pori, sehingga wajah jadi lebih bersih dan produksi minyak berlebih jadi berkurang. Kalo kotoran di wajah terangkat, rasa gatal akibat bruntusan pun bisa hilang, Teman Senka.

Nah, agar penyebab wajah gatal bruntusan bisa diatasi, kamu juga bisa melakukan eksfoliasi secara kimia yang lembut, yaitu toner AHA/BHA. Produk ini tidak memiliki scrub di dalamnya, sehingga bruntusan dan jerawat meradang dapat diminimalisir deh.

9. Peralatan Makeup Kotor

Teman Senka, peralatan makeup, seperti kuas, beauty blender, dan spons yang dipakai terus-menerus dan jarang dicuci faktanya dapat memicu jerawat lho. Soalnya, kotoran dan kuman yang menempel di peralatan makeup akibat tidak segera dibersihkan dapat berpindah ke permukaan kulit wajah, sehingga wajah jadi gatal bruntusan. Oleh karenanya, jangan malas untuk membersihkan peralatan makeup secara berkala dan menggantinya apabila sudah tidak layak pakai ya.

Itu dia 9 penyebab wajah gatal bruntusan, Teman Senka. Setelah mengetahui penyebabnya, kini kamu bisa menentukan langkah perawatan kulit yang tepat agar wajah sehat dan terhindar dari rasa gatal akibat bruntusan deh. Jangan lupa pula rawat dan jaga kebersihan wajahmu dengan double cleansing pakai makeup remover dan facial cleanser dari Senka Indonesia yang sesuai dengan preferensi dan jenis kulitmu ya! Happy double cleansing and have a great day ahead, Teman Senka!

Glosarium:

  • Paraben: Bahan kimia yang digunakan untuk pengawet pada kosmetik

  • Bakteri streptokokus: Bakteri yang hidup dalam kulit manusia dan dapat menimbulkan infeksi.