Logo Logo

Deretan Kandungan Sabun Cuci Muka untuk Kulit Berminyak

Merawat kulit berminyak bisa menjadi tantangan sendiri bagi sebagian orang. Mari simak kandungan sabun cuci muka untuk kulit berminyak yang baik di sini!

Masalah yang paling membuat pemilik kulit wajah berminyak adalah tampilan wajah mengilap, pori-pori wajah besar, terdapat komedo di hidung, hingga mudah jerawat. Setuju? Agar kamu bisa terhindar dari masalah-masalah kulit tersebut, salah satu caranya adalah memilih sabun cuci muka untuk kulit berminyak yang tepat. Tapi, sebelumnya penting untuk menyimak kandungan apa yang tepat untuk kulit berminyak-mu. Apa saja kandungannya? Yuk, simak di bawah ini, Teman Senka!

Ciri-ciri Kulit Wajah Berminyak

Sebelum kamu memilih sabun cuci muka untuk kulit berminyak yang tepat, apakah kamu sudah mengetahui ciri-cirinya? Jika sudah, kamu bisa langsung baca ke poin selanjutnya. Jika belum, kamu bisa cek terlebih dahulu ciri-cirinya di bawah ini.

  • Kulit wajah terlihat mengilap/berkilau, lengket, basah.
  • Pori-pori terlihat jelas.
  • Rentan berjerawat.
  • Rentan tumbuh komedo.
  • Produksi minyak berlebih

Namun, tiap orang memiliki gejala dengan bentuk dan tingkat keparahan yang berbeda-beda. Ada yang memiliki kulit berminyak khusus di T-zone saja, adapula yang punya pori-pori kecil tapi produksi minyaknya banyak alias tidak memiliki masalah dengan pori-pori. Perlu diketahui juga, faktor yang dapat meningkatkan risiko timbulnya kulit berminyak, seperti stres, kurang minum air putih, menggunakan makeup yang tebal (dan tidak langsung membersihkannya), dan bisa juga karena sering mengonsumsi produk dairy (semakin  banyak tubuh menyerap gula, mengakibatkan tubuh memproduksi lebih banyak kelenjar minyak dan membuat kulit wajah jadi lebih berminyak).

Pilih Produk dengan Kandungan yang Merawat Kulit Berminyak

Nah, setelah mengetahui ciri-cirinya, sekarang waktunya kamu memilih sabun cuci muka untuk kulit berminyak. Pastikan kamu memperhatikan di dalamnya ada kandungan aktif yang berfungsi sebagai pengendali minyak dan dapat merawat sekaligus. Apa saja kandungannya? Perhatikan beberapa kandungan di bawah ini, yuk!

Salicylic Acid: atau biasa disebut asam salisilat ini merupakan salah satu jenis kandungan yang mampu membantu proses eksfoliasi kotoran, minyak, sel kulit mati secara mendalam tanpa menyebabkan iritasi. Asam salisilat ini juga  memiliki anti-inflamasi yang dapat mencegah jerawat semakin meradang.

Glycolic Acid: atau asam glikolat ini merupakan senyawa dengan ukuran molekul kecil yang merupakan bagian dari Alpha Hydroxy Acid (AHA). Mampu membantu membersihkan kotoran dan mengecilkan pori-pori terdalam. Bagi kamu pemilik kulit berminyak yang sensitif, baiknya diuji terlebih dahulu produk dengan kandungan ini untuk memastikan kecocokannya.

Uji Green Tea: atau daun teh hijau yang memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan, dan antibakteri. Sehingga bisa membantu mengurangi iritasi kulit, kemerahan pada kulit, serta meredakan kulit berjerawat dan mengurangi produksi minyak. Polifenol dalam teh hijau-nya mampu membantu proses sekresi sebum yang menyebabkan jerawat yang ampuh.

Niacinamide: salah satu jenis dari vitamin B3 yang mampu mendukung proses pengendalian minyak. Selain itu, niacinamide juga dapat meningkatkan kekenyalan, dan memperbaiki tekstur kulit dengan membuat pori-pori tampak lebih kecil. 

White Clay: kandungan yang satu ini memiliki manfaat untuk mengangkat minyak berlebih dan mencegah terjadinya penyumbatan pada pori-pori yang disebabkan oleh produksi sebum berlebih secara deep cleansing. Sebum merupakan kumpulan dari minyak dan lemak yang dapat menyumbat pori-pori, terutama pemilik kulit berminyak, yang tidak dibersihkan secara tepat dan membuat jerawat tumbuh. 

Hyaluronic Acid (HA): kandungan ini berfungsi untuk melembapkan kulit wajah secara baik. Hyaluronic Acid ini bekerja untuk mengikat air di jaringan kulit. Sehingga kulit tetap terhidrasi secara sempurna dan tidak memproduksi minyak berlebih akibat kurangnya kelembapan pada kulit.

Itulah dia ciri-ciri dan enam kandungan baik yang bisa merawat dan mengendalikan kulit wajah berminyak, Teman Senka! Semoga dengan membaca artikel ini, kamu jadi lebih mengetahui tindakan apa yang akan kamu ambil untuk merawat kulit wajah berminyak-mu, ya. Nah, kabar baiknya Senka Indonesia paham betul apa kebutuhan pemilik kulit wajah berminyak. Karena kamu bisa menemukan hampir semua kandungan aktif di atas pada beberapa rangkaian pembersih wajahnya, lho! Mulai dari cleanser, seperti A.L.L. Clear Water Fresh, A.L.L. Clear Oil (dan Whip), hingga facial foam-nya, seperti Perfect Whip Fresh, Perfect Whip Acne Care, dan Perfect White Clay. Untuk mendapatkannya mudah saja kok, Teman Senka! Kunjungi Senka Official Shop atau kamu bisa langsung dapatkan di Guardian, Watsons, Sociolla, Century, Grand Lucky, Farmers Market, Food Hall, Ranch Market, Borma, Alfamart, dan Indomaret.