Logo Logo

Wajib Tahu Tipe-tipe Perawatan Wajah Berjerawat Ini!

Maskne menjadi masalah jerawat baru yang muncul di masa pandemi ini. Tapi tak usah khawatir! Atasi dengan tipe-tipe perawatan wajah berjerawat ini!

Di masa pandemi Covid-19 ini, mau tidak mau mengharuskan kita menjaga jarak, mencuci tangan, dan terutama memakai masker saat beraktivitas. Sayangnya, pemakaian masker ini ternyata memunculkan masalah baru bagi kulit wajah kita. Yes, apalagi kalau bukan maskne! Masalah kulit wajah yang satu ini merupakan jerawat yang terbentuk di area yang tertutup masker seperti dagu, hidung, atau pipi bagian bawah. Oleh karena itu, di artikel ini kami merekomendasikan tipe-tipe perawatan wajah berjerawatan, seperti maskne, yang tepat untuk dilakukan.

Facial Acne

Salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah jerawat adalah dengan melakukan acne facial yang merupakan perawatan yang dirancang khusus untuk mengatasi penyebab jerawat dengan efek samping yang minimal. Facial acne juga dapat dilakukan untuk mengurangi jerawat pada wajah. Berbeda dari facial untuk kondisi wajah normal, acne facial menghindari teknik pemijatan. Fokus facial acne, yaitu melakukan pengangkatan sel kulit mati atau exfoliation. Karena salah satu penyebab timbulnya jerawat adalah terjadinya penumpukan kotoran yang menyumbat pori-pori wajah.

Namun perlu untuk diingat, poin pertama dari tipe-tipe perawatan berjerawat ini baiknya tidak dilakukan lebih dari satu kali dalam sebulan. Karena, apabila terlalu sering, facial justru dapat melukai dan mengakibatkan pori-pori wajahmu semakin besar. Sehingga, potensi munculnya jerawat akan meningkat.

Microdermabrasion Facial

Jika Teman Senka mengikuti berita seputar dunia kecantikan, pasti sudah sering mendengar istilah mikrodermabrasi. Umumnya, istilah ini berkaitan erat dengan perawatan di klinik-klinik kecantikan sebagai salah satu prosedur populer yang cukup sering ditawarkan. Mikrodermabrasi adalah prosedur non-chemical dan non-invasive yang menggunakan butiran kristal berukuran sangat kecil (mikro) untuk mengangkat lapisan terluar kulit yang kering dan rusak sehingga meninggalkan kulit yang lebih sehat dan tampak lebih muda. Selain itu, poin kedua dari tipe-tipe perawatan wajah berjerawat ini juga mendorong produksi sel-sel kulit baru dengan kadar kolagen dan elastin yang lebih tinggi. Jadi, tidak hanya merawat dan mengurangi jerawt, tetapi bisa sekaligus membuat kulit wajahmu halus dan mengurangi tampilan bekas luka dari jerawat, Teman Senka!

Facial Foam yang Tepat

Tipe-tipe perawatan wajah berjerawat selanjutnya adalah memilih facial foam yang tepat. Kulit berjerawat memang harus dirawat dengan cara khusus agar tidak memperparah kondisinya. Dan salah satu cara yang bisa dilakukan adalah memilih pembersih wajah tepat untuk kulit berjerawat yang bisa mengangkat kotoran atau berbagai bakteri pada kulit yang bisa menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat. Karena jerawat bisa muncul disebabkan karena beberapa hal, seperti kulit yang berminyak, sensitif, kering, bakteri, hormonal, bahkan iritasi.

Facial foam untuk kulit wajah berjerawat sebaiknya kamu pilih yang mengandung AHA (seperti glycolic acid), BHA (seperti salicylic acid), tea tree, benzoyl peroxide, glycerin, hyaluronic acid, dan madu. Kabar baiknya, Senka Indonesia memiliki varian pembersih wajah yang bisa memenuhi kebutuhan untuk merawat dan membersihkan kulit berjerawatmu, yaitu Perfect Whip Acne Care. Di dalamnya, terdapat kandungan aktif untuk mengurangi jerawat, seperti Salicylic Acid, Kyoto Chamomile Extract, dan White Cocoon Essence. Dengan kandungan aktif tersebut, terkandung antioksidan dan anti-bakteri yang mampu membantu mencegah kerusakan kulit dan membersihkan kotoran atau bakteri penyebab jerawat hingga ke pori-pori.

Perhatikan Penggunaan Masker

Last but not least! Untuk mencegah munculnya jerawat tipe maskne, penting sekali Teman Senka memperhatikan masker yang digunakan dan pastikan kebersihannya. Pilih masker kertas yang berfilter atau masker bedah medis sekali buang. Kalau kamu memilih masker kain yang reusable, pastikan membawa cadangan agar bisa sering menggantinya, ya. Simpan masker cadangan dalam tempat yang steril dan bisa dilapisi tisu agar tidak terpapar kotoran.

Jika kamu lebih suka masker kain, pilihlah yang berbahan katun atau polyester. Pilih juga yang teksturnya lembut untuk kulit. Karena masker kain dengan tekstur yang kasar, membuat gesekan kulit lebih tinggi dan membuat permukaan kulit jadi iritasi. Selain bahan, pilih juga ukuran maker yang sesuai dengan bentuk wajah dan kepala kamu. Masker yang terlalu besar atau terlalu sempit akan sama-sama buruk karena berpotensi menimbulkan gesekan lebih pada kulit. Setelah pemakaian, pastikan juga untuk langsung mencucinya dan mengeringkannya secara maksimal agar bakteri tidak tumbuh di masker yang telah kamu pakai.

Setelah melakukan poin tipe-tipe perawatan wajah berjerawatan di atas, Senka ingin mengingatkan kembali untuk melakukan double cleansing secara rutin. Khusus pemilik kulit yang sedang berjerawat tipe maskne dan ingin merawatnya, kamu bisa pilih Perfect Whip Acne Care, ya! Sempurnakan dengan facial cleanser dari Senka Indonesia sesuai dengan kondisi kulit dan preferensimu. Perlu diperhatikan saat proses mencuci wajah berjerawat, khususnya yang matang, pastikan untuk ekstra hati-hati agar tidak pecah dan iritasi. Setelah itu, keringkan wajahmu dengan tisu khusus wajah. Karena handuk yang digunakan berulang berpotensi menyimpan debu dan kotoran. Jadi, sudah kenal tipe-tipe perawatan wajah berjerawat? Cari pembersih wajah dari Senka Indonesia selengkapnya di sini.