Logo Logo

Jangan Keliru, Ini Urutan Pemakaian Skincare yang Benar!

Memiliki banyak skincare, tapi bingung mana yang perlu diaplikasikan lebih dulu? Tenang, kami bisa ketahui urutan pemakaian skincare dengan tepat, di sini!

Siapa yang masih suka bingung sama urutan pemakaian skincare?  Well, nggak masalah kok Teman Senka, karena Senka tau melakukan serangkaian perawatan kulit memang terkadang terasa membingungkan. Apalagi, produk yang harus digunakan juga ada bermacam-macam, seperti toner, serum, moisturizer, dan sebagainya. Ditambah lagi, tiap dari produk tersebut memiliki tekstur berbeda, ada yang gel, krim, atau bahkan cair. Banyak banget, deh! Hahaha. Tapi, tenang saja Teman Senka, karena di sini Senka akan bantu kamu untuk mengetahui urutan pemakaian skincare yang benar supaya kulitmu bisa mendapatkan perawatan yang optimal. Hihi.

 

 

Pentingnya Memakai Skincare Sesuai Urutan Untuk Pemula

Sebelum mengetahui urutan pemakaian skincare yang benar, tentunya kamu perlu mengetahui terlebih dahulu mengapa menggunakan skincare dengan urutan yang benar itu penting. Salah satunya, karena zat aktif dalam skincare saling bereaksi satu sama lain ketika diaplikasikan pada kulit. Untuk itu, mengaplikasikan skincare dengan urutan dengan tepat dapat membuat kulit siap menerima produk, serta dapat meningkatkan kinerja produk lebih optimal.

Nah, apabila sudah tau bagaimana pentingnya memakai skincare sesuai urutan, sekarang  saatnya kamu mengetahui urutan pemakaian skincare yang tepat, terutama untuk kamu yang masih pemula dalam menggunakan produk skincare. Lihat urutannya di bawah ini, ya! Hihi.

 

1. Make Up Remover

Urutan pemakaian skincare yang paling pertama adalah menggunakan makeup remover. Mengangkat sisa kotoran dan makeup yang menempel merupakan tahap pertama yang wajib kamu lakukan, agar kulit wajah siap menerima nutrisi dari urutan skincare selanjutnya. Pastikan juga kamu memilih makeup remover yang sesuai dengan tipe kulit dan kebutuhan kulitmu ya, Teman Senka. Kamu bisa mengandalkan rangkaian makeup remover dari Senka mulai dari A.L.L Clear Oil, A.L.L Clear Milk, dan A.L.L Clear Water Fresh & A.L.L Clear Water White yang mampu mengangkat segala kotoran hingga waterproof makeup sekalipun. Gak hanya itu, rangkaian makeup remover dari Senka juga bisa digunakan oleh kamu yang memiliki eyelash extension, karena sifatnya yang eyelash extension friendly.

 

2. Facial Foam

Setelah makeup yang kamu gunakan benar-benar terangkat, urutan pemakaian skincare selanjutnya adalah mencuci kulit wajah menggunakan facial foam yang lembut di wajah. Pada urutan ini, kamu juga bisa mengandalkan produk Senka untuk kulit wajah sehat dan bersih optimal. Senka memiliki sederet varian Perfect Whip yang bisa kamu sesuaikan dengan kulit wajahmu. Berikut pilihan variannya:

  • Perfect Whip untuk semua tipe kulit wajah.
  • Perfect Whip Vibrant White untuk kulit wajah normal to sensitive yang ingin mencerahkan wajah.
  • Perfect Whip Fresh untuk kulit wajah normal to oily atau kombinasi.
  • Perfect Whip Collagen In untuk kulit wajah normal to dry atau dehidrasi yang ingin melembapkan dan menghilangkan kerutan halus pada wajah
  • Perfect White Clay untuk kulit normal to oily atau kombinasi yang ingin membersihkan wajah secara mendalam (deep cleanse) dan  mencerahkan wajah.
  • Perfect Whip Acne Care untuk kulit wajah berjerawat atau acne prone skin.
  • A.L.L Clear Double Wash untuk kulit normal to dry yang dilengkapi dengan fitur pump untuk mendapatkan Whip melimpah dengan mudah dan cepat.

 

Psst, semua varian di atas bisa kamu dapatkan secara mudah di Senka Official Store, ya!

 

3. Toner

Setelah membersihkan wajah dengan cleanser dan facial foam, urutan pemakaian skincare selanjutnya adalah mengaplikasikan toner. Pemakaian toner pada wajah berfungsi untuk mengembalikan keseimbangan pH kulit setelah mencuci muka, sehingga kulit tetap lembap. Selain itu, toner juga dapat mengangkat sisa kotoran pada wajah yang mungkin saja masih tertinggal, lho. Oh iya, untuk mengaplikasikan toner kamu bisa menggunakan kapas atau diteteskan langsung pada telapak tangan. Kemudian diusap secara lembut ke kulit wajah. Penting untuk diingat, pastikan dulu baik kapas yang mau digunakan, maupun telapak tanganmu sudah benar-benar bersih, ya.

 

 

4. Essence

Jika toner yang kamu aplikasikan pada wajah sudah benar-benar kering, maka urutan pemakaian skincare selanjutnya adalah mengaplikasikan essence. Pada dasarnya, essence memiliki tekstur yang sedikit lebih kental dibandingkan dengan toner. Fungsi essence ini adalah untuk mempersiapkan kulit agar siap menerima dan menyerap rangkaian skincare selanjutnya dengan maksimal.

 

 

5. Serum

Nah, setelah essence, urutan pemakaian skincare keempat ini adalah menggunakan serum. Sebelum mengaplikasikan serum, pastikan lagi kalau essence sudah setidaknya 80% kering ya, Teman Senka. Karena, kalau kamu terburu-buru mengaplikasikannya, produk skincare yang kamu kenakan bisa jadi kurang terserap dan tidak dapat memberikan nutrisi maksimal pada kulit.

 

 

6. Moisturizer

Walaupun kamu sudah menggunakan toner, essence, serta serum yang berfungsi melembapkan kulit, ada skincare terakhir yang perlu kamu gunakan untuk memastikan kulitmu tetap lembap. Yes, apa lagi kalau bukan moisturizer! Sesuai namanya, moisturizer berperan besar untuk ‘mengunci’ dan menjaga kelembapan pada kulit wajah. Selain itu, dengan menggunakan moisturizer sebelum mengaplikasikan makeup juga dapat membuat wajah terlihat glowing dan membuat riasan pada wajah bertahan lebih lama.

 

 

7. Sunscreen

Hang on..we’re almost done! Urutan pemakaian skincare yang satu ini, betul-betul nggak boleh kamu lewatin nih. Yes! menggunakan sunscreen! Tentu Teman Senka tau dong, betapa bahayanya sinar UV berlebih bagi kulit kita. Mulai dari penuaan dini, sunburn, bintik hitam, hingga risiko kanker kulit. Ugh, percayalah semua itu bisa kita rasakan kalau kamu malas menggunakan sunscreen. Jadi, pastikan kamu memakai sunscreen setelah moisturizer sebelum kamu memakai makeup dan beraktivitas. Sehingga, kulit jadi terlindungi dari bahaya sinar UV yang dapat menyebabkan beragam masalah, terutama penuaan dini, Teman Senka!

 

 

 

8. Sheet Mask

Ada satu lagi skincare yang bisa kamu gunakan untuk menutrisi kulit dan menjaga kulit wajah tetap sehat nih, Teman Senka! Yup, apa lagi kalau bukan menggunakan sheet mask! Pemakaian sheet mask ini bersifat opsional, tapi direkomendasikan. Apabila ingin memberikan nutrisi ekstra untuk kulit agar tetap lembap, kenyal, bercahaya dan tampak fresh sepanjang hari dengan kandungan essence di dalamnya kamu bisa gunakan setiap 2x/minggu.

Untuk proses penyerapan terbaik, gunakan selama 20 menit langsung setelah membersihkan makeup remover dan facial foam, atau kamu bisa mengaplikasikan toner pada wajah terlebih supaya kulit tidak kering dan siap menerima essence yang diberikan oleh sheet mask yang kamu gunakan. Nah, kabar baiknya, kamu bisa banget menggunakan berbagai varian sheet mask dari Senka mulai dari seri Perfect Aqua Bouncy Mask, Perfect Rich Mask, dan Perfect Aqua White Mask. Semuanya bisa kamu gunakan untuk semua jenis kulit, tapi kamu bisa sesuaikan kembali dengan preferensimu atau kebutuhan kulit wajahmu.

 

Well, mungkin kalau dilihat-lihat memang terlihat banyak ya, Teman Senka. Tapi, kalau sudah dibiasakan  percaya deh, kamu akan semakin terbiasa dan justru merasa ada yang kurang jika kamu melewati urutan skincare di atas. Oh iya, Senka cuma pengen ingetin lagi, supaya memilih produk skincare yang kamu gunakan sesuai dengan tipe kulitmu, ya. Salah satunya dalam memilih produk skincare urutan pertama, yaitu facial cleanser dan facial foam dari Senka yang memiliki banyak varian yang tepat untuk untuk kulitmu. Sehingga, kulit tetap bersih, sehat, dan lembap alami. Have a beautiful bare skin, Teman Senka!