Logo Logo

Jangan Sampai Tertukar, Ini Urutan Skincare Malam yang Tepat

Setelah beraktivitas, kulit perlu dirawat pakai skincare yang tepat agar tetap sehat. Lantas, bagaimana urutan skincare malam hari? Cek infonya di sini!

Seperti yang kita tahu, pemakaian skincare yang rutin mampu membuat kulit jauh lebih sehat, terhindar dari penuaan, dan bebas kusam. Namun, kamu perlu mengetahui urutan pemakaian yang tepat. Jangan sampai salah urutan membuat kulit wajah jadi breakout

Lantas, gimana sih urutan skincare malam yang tepat? Ketahui langkahnya di sini!

1. Bersihkan Debu dan Kotoran dengan Makeup Remover 

Sehabis beraktivitas di luar ruangan, wajah terpapar kotoran dan debu, sehingga perlu dibersihkan. Nah, ada baiknya Teman Senka membersihkan makeup, debu, dan kotoran sesuai dengan tipe kulit sebelum memulai urutan skincare malam.

Bila kulitmu normal, kamu bisa pakai makeup remover berbahan dasar minyak, seperti Senka A.L.L Clear Oil. Namun, jika kulitmu berminyak, maka gunakanlah makeup remover berbahan dasar air, seperti Senka A.L.L Clear Water Fresh.

2. Cuci Wajah dengan Facial Foam

Untuk hasil yang maksimal, Teman Senka perlu melanjutkan proses double cleansing menggunakan facial foam yang tepat agar kotoran dan residu di wajah terangkat. Sebagai opsi, kamu bisa menggunakan varian dari Senka face wash yang mampu menghasilkan busa besar, padat, dan melimpah yang melindungi permukaan wajah dari friksi/gesekan berlebih.

Psst, kamu juga bisa loh mengetahui cara tepat membuat busa Senka yang besar, padat, dan melimpah agar wajahmu bersih sekaligus lembap. Intip videonya, yuk!

3. Eksfoliasi

Setelah membersihkan makeup, kamu bisa melakukan eksfoliasi untuk menyempurnakan tahapan pembersihan wajah. Tujuannya, supaya sel kulit mati terangkat sempurna sehingga proses penyerapan skincare menjadi lebih mudah. 

Namun, perlu diingat bahwa eksfoliasi tidak boleh dilakukan setiap hari ya, Teman Senka. Cukup satu kali saja seminggu agar skin barrier terjaga dan nggak gampang iritasi. 

4. Pakai Toner

Sering kali dilewatkan karena dianggap tidak penting, pemakaian toner penting banget untuk kamu masukkan dalam urutan skincare malam, lho, Teman Senka. Soalnya, toner mampu membantu mengembalikan pH dan kondisi kulit yang cenderung kering setelah dibersihkan.

Selain itu, penggunaan toner juga dapat mengangkat kotoran dan sisa makeup membandel di kulit, meredakan peradangan akibat jerawat, serta mencegah munculnya jerawat baru di pagi hari. Makanya, jangan pernah skip pakai toner saat pakai skincare di malam hari ya, Teman Senka!

5. Aplikasikan Serum

Teman Senka, nggak ada salahnya kok mengaplikasikan serum sebagai nutrisi tambahan di kulit wajah. Untuk cara pengaplikasiannya, bisa dilakukan setelah membersihkan wajah dan sebelum mengoleskan pelembap.

Pakainya pun dengan cara ditepuk perlahan-lahan. Sebab, serum mengandung konsentrasi bahan yang tinggi, sehingga bila dioleskan secara berlebihan dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Pilihlah serum yang sesuai dengan tipe dan permasalahan kulitmu agar hasilnya maksimal. 

6. Krim Malam

Yang membedakan urutan skincare malam dan pagi adalah penggunaan krim malam (night cream). Produk bertekstur gel atau krim yang lebih kental (rich) ini berfungsi agar wajah tetap terawat dan tidak kendur. Perlu diingat bahwa, sebelum meneruskan ke urutan skincare malam, jangan lupa diberi jeda selama 10-20 menit agar produk dapat meresap dengan baik.

7. Pakai Sheet Mask

Setelah menunggu serum hingga benar-benar terserap, kamu bisa melanjutkan urutan skincare malammu dengan memakai sheet mask. Pertama-tama, aplikasikan sheet mask dari bagian dahi, lalu ratakan ke bagian kiri dan kanan wajah sambil dipijat perlahan. Selanjutnya, diamkan selama 15-20 menit agar essence pada sheet mask terserap sempurna. Baru deh dilepas sambil ditepuk perlahan.

Kesalahan Saat Pakai Sheet Mask di Malam Hari

1. Malas Membersihkan Wajah 

Saat memakai sheet mask, kebiasaan yang kerap dilakukan adalah malas membersihkan wajah. Padahal, wajah perlu dibersihkan terlebih dahulu dengan metode double cleansing agar essence pada masker dapat terserap sempurna. 

2. Asal Memilih Jenis Sheet Mask

Hayo, siapa nih yang suka beli sheet mask berdasarkan warna atau varian yang disuka? Sebenarnya, cara ini sah-sah aja kok, Teman Senka. Asalkan kamu sudah memahami manfaat dari varian tersebut. 

Namun, baiknya mulai pilih sheet mask sesuai problem kulitmu ya, Teman Senka. Pasalnya, pemilihan secara asal membuat hasilnya jadi nggak maksimal. Makanya, yuk, mulai pilih sheet mask sesuai tipe dan problem kulitmu agar tak muncul masalah di kemudian hari

3. Memakai Sheet Mask Terlalu Lama

Kebiasaan ini perlu dihindari lho, Teman Senka. Soalnya, terlalu lama mendiamkan sheet mask dapat membuat wajah kering. Untuk itu, pastikan mengikuti anjuran batas waktu pemakaian yang tertera di balik kemasan agar hasilnya maksimal dan terhindar dari problem wajah yang muncul. 

4. Membilas Wajah sesudah Pemakaian

Teman Senka, sehabis menyelesaikan urutan skincare malam dengan maskeran, jangan bilas wajahmu ya. Soalnya, sheet mask bukan jenis masker wash off yang perlu dicuci setelah digunakan. Kalau kamu membilas wajah, sisa essence tadi malah terbuang sia-sia. Sayang dong, nutrisinya jadi nggak menempel di wajah. 

Itu dia urutan skincare malam yang perlu kamu terapkan, Teman Senka. Ingat, jangan sampai salah urutan ya. Salah-salah, yang ada kulitmu malah jadi break out. Nggak mau kan?

Untuk mengetahui produk pembersih wajah dan sheet mask yang tepat bagi kulitmu, kamu bisa kunjungi dan follow Instagram @senkaindonesia ya. Ada beragam varian yang dapat disesuaikan dengan tipe kulit, mulai dari berminyak, kering, kombinasi, hingga sensitif. So, enjoy your skincare time and go get your #PerfectlyRenewedSkin with Senka.

GLOSARIUM

  1. Makeup Remover: Produk perawatan wajah yang dipakai untuk membersihkan makeup. Terdiri dari beberapa bentuk, yakni minyak, gel, krim, dan sheet/lembaran berbentuk tisu.
  2. pH: Potential of Hydrogen atau tingkat keasaman kulit pada skin barrier/lapisan pelindung terluar yang menentukan kadar asam atau basa.
  3. Skin barrier: lapisan terluar kulit yang berfungsi sebagai proteksi.
  4. Essence: Produk perawatan wajah bertekstur cair yang memiliki konsentrasi bahan aktif cukup tinggi.
  5. Masker wash off: Jenis masker yang dioleskan, dibiarkan hingga mengering, lalu dibilas. Umumnya berupa krim atau bubuk yang perlu dilarutkan dengan air terlebih dahulu.
  6. Break out: Reaksi negatif berupa iritasi yang timbul pada kulit akibat ketidak cocokan produk.