Logo Logo

Waktu Terbaik untuk Cuci Muka, Pagi atau Malam Hari Ya?

Rajin membersihkan muka tapi masih jerawatan? Bisa jadi skin barrier-mu rusak akibat over-cleansing! Yuk, cek waktu terbaik untuk cuci muka di sini!

Setelah mencuci muka, rasanya wajah pasti jadi lebih segar ya, Teman Senka? Namun, fungsi cuci muka sebenarnya, nggak cuma memberikan sensasi segar saja tapi bermanfaat untuk menghilangkan kotoran di wajah, terutama setelah selesai beraktivitas seharian. 

Soal frekuensi mencuci muka, ada banyak sekali perbedaan pendapat nih. Sebagian orang berpendapat, cuci muka sebaiknya dilakukan dua hari sekali, yakni di pagi dan malam hari. Akan tetapi, ada pula yang meyakini cuci muka cukup sekali sehari biar kadar minyak alami di wajah tetap terjaga.

Dari beberapa pendapat tersebut, kira-kira kapan ya waktu terbaik untuk cuci muka? Lalu, baiknya pakai facial wash yang seperti apa ya? Berikut penjelasan yang udah Senka siapkan untukmu. Dibaca sampai habis, yuk!

Pagi Hari

Siapa di sini yang punya kebiasaan cuci muka di pagi hari? Well, kebiasaan tersebut nggak salah kok! Saat beristirahat, kulit terus memproduksi minyak yang menyebabkan kotoran dari ruangan, sprei, sarung bantal, atau guling berpotensi untuk menempel di permukaan wajah. Kalau nggak segera dibersihkan, kotoran ini justru mengendap di pori-pori dan memicu permasalahan kulit, seperti jerawat, kusam, dan kulit bruntusan lho. Untuk itu, kamu disarankan mencuci muka di pagi hari agar kotoran yang mengendap terangkat, sehingga kulit jadi dapat menyerap skincare dengan maksimal deh.

Malam Hari

Setelah seharian beraktivitas, wajib hukumnya mencuci muka di malam hari, Teman Senka. Soalnya, permukaan kulit wajah tersumbat oleh paparan debu, kotoran, atau sisa makeup sehingga harus segera dibersihkan. Supaya pori-pori kulit bisa bernafas, bersihkanlah kulitmu pakai metode double cleansing dengan menggunakan makeup remover dan facial wash yang sesuai tipe kulitmu ya, Teman Senka. Tujuannya, memastikan pori-pori wajah benar-benar bersih, sehingga skincare yang diaplikasikan sebelum beristirahat dapat terserap dengan maksimal.

Kapan Waktu Terbaik untuk Cuci Muka?

Sebenarnya, disesuaikan dengan kebutuhanmu saja, Teman Senka. Bila kulit terasa kotor saat beraktivitas, nggak ada salahnya kok mencuci muka saat itu juga. Sebab, sepanjang hari, kulit terus mengeluarkan jutaan sel yang dapat menumpuk. Semakin cepat kamu membersihkannya, maka sel kulit baru dapat tumbuh dan menggantikan sel kulit mati di wajah.

Namun, perlu diingat bahwa, kamu dianjurkan untuk mencuci muka maksimal dua kali sehari ya. Pasalnya, kandungan yang terdapat pada sabun cuci muka dapat mengangkat minyak alami kulit yang bisa menyebabkan berbagai masalah kulit seperti kulit kering, perubahan pH & iritasi. 

Itu dia penjelasan tentang waktu terbaik untuk cuci muka, Teman Senka. Sebenarnya, waktu tersebut disesuaikan kembali dengan preferensi dan kebutuhan, ya. Bila kamu lebih nyaman mencuci muka di pagi dan malam hari, silakan dilakukan saja. Kalau butuh cuci muka di sore hari juga, ya juga nggak apa-apa.

Yang terpenting adalah produk perawatan wajah yang kamu aplikasikan setelahnya. Kamu bisa aplikasikan pelembap dan tabir surya sehabis mencuci muka agar kadar kelembapan kulit terjaga dan skin barrier terlindungi. Selain itu, pastikan tangan selalu dalam kondisi bersih dan hindari kebiasaan menyentuh wajah agar kotoran tidak kembali menempel pada permukaan kulit yang telah dibersihkan. Happy cleansing, Teman Senka!