Logo Logo

Simak Cara dan Waktu yang Tepat untuk Cuci Muka!

Terlalu sering mencuci muka dapat memberikan dampak yang tidak baik. Agar tidak keliru, yuk ketahui waktu yang tepat untuk cuci muka di sini!

Tak hanya sekedar membuat kulit terasa segar, mencuci muka merupakan rutinitas yang wajib dilakukan guna menjaga kebersihan dan kesehatan kulit. Dengan rutin mencuci muka otomatis kulit pun bersih dari kotoran, debu, polusi, dan minyak yang bisa menjadi pemicu jerawat dan masalah kulit lainnya. Ada hal lainnya yang tak kalah pentingnya untuk diperhatikan, yaitu kapan waktu yang tepat untuk mencuci muka. Penasaran? Yuk, ketahui waktu yang tepat agar kamu bisa mendapatkan kondisi wajah yang sehat dan bersih di bawah ini!

 

Cuci Muka Pagi Hari

Tahukah, Teman Senka? Ketika kita tidur, ternyata kulit wajah kita tetap bisa kotor di pagi harinya, lho! Karena faktanya, produksi minyak pada kulit wajah itu terjadi saat kamu tidur di malam hari. Kotoran pada sarung bantal/guling dan sprei pun juga bisa bisa menempel pada kulit wajahmu. Apabila tidak dibersihkan, kotoran tersebut akan mengendap dan justru akan memicu masalah kulit, seperti sel kulit mati dan jerawat. Sehingga, sangat disarankan untuk mencuci muka agar mengangkat kotoran yang mengendap semalaman dan membersihkan minyak. Selain itu, dengan mencuci muka di pagi hari, sekaligus bisa mempersiapkan kulit untuk menyerap rutinitas skincare pagi lebih baik.

Cuci Muka Malam Hari

Setelah seharian beraktivitas, segala debu, kotoran, polusi, minyak dan makeup (apabila kamu memakainya) yang mengendap dalam waktu yang lama dapat menyumbat pori-pori wajahmu. Ketika hal itu terjadi dan kamu tidak mencuci muka, maka yang akan terjadi adalah penumpukkan kotoran yang menjadi sel kulit mati dan perkembangan bakteri yang berpotensi menumbuhkan jerawat.

 

Untuk itu, mencuci muka setelah seharian beraktivitas sangatlah disarankan. Tak hanya membersihkan segala kotoran dan sisa makeup, mencuci muka di malam hari bisa menenangkan. Sehingga, bisa membantumu lebih rileks dan nyaman ketika tidur. Oh iya, perlu dicatat bahwa sebaiknya waktu yang tepat untuk cuci muka bukan sesaat sebelum tidur, melainkan dilakukan lebih awal. Tepatnya, saat matahari mulai terbenam. Karena, berdasarkan penelitian ilmiah, sel-sel kulit kita ternyata memiliki ritme sirkadian atau jam internal untuk melindungi dari terjadinya kerusakan dan mencegah tanda-tanda penuaan.

 

Akibat Terlalu Sering Cuci Muka

Mencuci muka memang wajib hukumnya agar kulit terjaga kebersihannya dan terhindar dari pertumbuhan bakteri yang mengakibatkan berbagai masalah. Namun, kita tahu bahwa ‘berlebihan itu tidak baik’, hal ini juga berlaku pada kebiasaan cuci muka. Apabila kita terlalu sering mencuci muka atau over-cleansing yang ada justru mengakibatkan hal-hal yang tidak diinginkan, seperti:

  • Kulit kering
  • Iritasi pada kulit
  • Perubahan pH kulit
  • Beruntusan
  • Keriput
  • Dan permasalahan lainnya

Cukup bersihkan wajah 2x sehari, yaitu pagi hari dan malam hari seperti yang kami rekomendasikan di atas, agar tidak berlebihan. Selain di pagi hari dan malam hari, apabila kamu sehabis berolahraga dan menggunakan makeup, maka langsung bersihkan wajahmu dan jangan tunggu malam hari sebelum tidur.

Adapun rangkaian facial wash terbaru Senka Indonesia yang bisa menemanimu setiap hari agar mendapatkan kulit wajah yang bersih dan lembap, yaitu:

 

Senka Perfect Gel Gentle Wash

Facial wash yang satu ini cocok banget bagi Teman Senka yang memiliki kulit wajah normal, sensitif, hingga kombinasi berminyak. Dengan tekstur gel-nya yang lembut dan ringan, membuat pengalaman cuci muka menjadi menyenangkan dan segar setelahnya. Diformulasikan dengan Beauty Serum dan Mild Gel yang mampu membersihkan dan menutrisi kulit wajahmu sekaligus.

Senka Perfect Whip Berry Bright

Nah, bagi kamu yang mencari daily deep cleanser, Senka Perfect Berry Bright ini jawabannya! Facial wash ini diformulasikan dengan kandungan spesial, seperti Red Berries Complex  yang mampu memberikan blush alami agar kulit tampak cerah merona, Yoshino Cherry Blossom berfungsi untuk deep cleansing sel kulit mati dan polusi pekat agar kulit tampak cerah, serta Double Hyaluronic Acid dan White Cocoon Essence (membersihkan dengan lembut dan menjaga kelembapan pada kulit). Cocok untuk semua jenis kulit. 

Kamu bisa mendapatkan keduanya langsung ke Senka Official Store secara online atau secara offline di AEON, Watsons, Guardian, dan Sociolla. Happy cleansing and have a good day, Teman Senka!