Logo Logo

Catat! Ini Waktu yang Tepat untuk Maskeran

Meski tak ada aturan khusus, Teman Senka perlu mengetahui waktu yang tepat untuk maskeran agar hasilnya maksimal. Ketahui info selengkapnya di sini!

Teman Senka, seperti kata pepatah “banyak jalan menuju Roma”. Hal ini juga sama seperti mendapatkan kulit wajah yang sehat dan cerah. Di mana ada banyak jalan untuk mendapatkannya, salah satunya adalah rutin memakai masker. Jenis masker yang bisa kamu pakai ada beragam, tergantung preferensi dan masalah kulit masih-masing, mulai dari clay mask, mud mask, gel mask, hingga sheet mask.

Namun, sebelum mengaplikasikan masker, kamu perlu mengetahui cara dan waktu terbaik untuk maskeran agar mendapatkan hasil yang optimal. Lalu, kapan waktu yang tepat untuk maskeran? Simak artikel selengkapnya di bawah ini, yuk!

Kapan Waktu yang Tepat untuk Maskeran?

Untuk menjawab hal tersebut, beberapa ahli dermatologi menyarankan untuk menggunakan masker di pagi hari. Sebab, perawatan ini dapat memudahkan kamu saat mengaplikasikan makeup dan mengatasi permasalahan kulit, seperti kadar kelembapan wajah, warna kulit, hingga tingkat kecerahan. 

Terkait efektivitasnya, Teman Senka nggak perlu bingung. Sebab, sejauh ini belum ditemukan perbedaan yang signifikan antara penggunaan masker di pagi atau malam hari. Kembali lagi, waktu yang tepat untuk maskeran disesuaikan dengan preferensi dan kebiasaan Teman Senka. Bila khawatir ketiduran dengan kondisi masker masih menempel di wajah, disarankan untuk pakai masker di pagi hari. Namun, jika ingin kulit tampak lembap dan kenyal sebelum beraktivitas, kamu bisa menggunakan overnight mask atau sleeping mask di malam hari. 

Bolehkah Pakai Masker Setiap Hari?

Penggunaan masker memang bermanfaat bagi kulit wajah, diantaranya melembapkan kulit kering dan dehidrasi, membersihkan dan meminimalisir tampilan pori-pori, serta mengurangi kemerahan di wajah. Soalnya, kandungan dalam masker dapat menyerap kotoran dan minyak berlebih, serta meningkatkan kadar air di wajah. 

Namun, kalau digunakan terlalu sering, sayangnya penggunaan masker justru dapat menghilangkan kelembapan alami di wajah. Masker dapat menyerap minyak alami di kulit secara terus-menerus, sehingga permukaan wajah jadi kering. Akibatnya, skin barrier jadi rusak dan dapat menyebabkan kulitmu rentan break out. Makanya, disarankan untuk memakai masker satu sampai dua kali seminggu dengan kurun waktu 20 menit, supaya kesehatan kulit terjaga. 

Dampak Terlalu Sering Maskeran

Sebelumnya, kamu telah membaca sedikit tentang akibat penggunaan masker yang terlalu sering. Eits, ternyata, masih ada dampak lainnya loh! Yuk, baca penjelasannya sampai habis di bawah ini!

1. Kulit Menjadi Kering

Sayangnya, penggunaan masker yang berlebihan nggak bikin kulit wajahmu makin lembap, tetapi dapat membuat produksi minyak di wajah terkikis loh, Teman Senka. Apalagi bila masker mengandung alkohol. Kulit bisa iritasi, kering, kesat, hingga sensitif.

2. Timbul Jerawat

Faktanya, terlalu sering maskeran membuat skin barrier rusak loh! Soalnya, masker dapat mempercepat regenerasi lapisan sel kulit mati yang membuat kadar kelembapan kulit berkurang. Tak hanya itu, wajah pun terus memproduksi minyak alami (sebum) sebagai upaya dalam menjaga kelembapan. Sehingga, wajah jadi rentan berjerawat akibat sel kulit mati yang menumpuk di pori-pori. 

3. Mempercepat Penuaan Dini

Bila masker terlalu sering menempel di wajah, maka kulit tidak dapat memproduksi minyak dengan optimal karena fokus untuk mengembalikan kelembapannya. Bukannya menjadi sehat dan kenyal, kulit jadi gampang berkerut. Tentunya Teman Senka nggak mau kan mengalami penuaan dini akibat penggunaan masker setiap hari? 

Rekomendasi Sheet Mask Senka

Setelah membaca waktu yang tepat dan dampak penggunaan masker yang terlalu sering, Senka mau ngasih tau varian masker yang bisa bantu kamu mendapatkan kulit sehat bersinar ala wanita Jepang nih! Yuk, lanjut baca di bawah ini!

1. Perfect Aqua White Mask - Soothing White

Sering beraktivitas di bawah sinar matahari? Perfect Aqua White Mask - Soothing White bisa jadi pilihan maskermu nih, Teman Senka. Mengandung Active Brightening dan Aloe Vera Extract, sheet mask yang satu ini mampu menenangkan kulit iritasi akibat sinar matahari (UV damage). Dampak sunburn di wajah pun dapat berkurang berkat formulasi Silk Cocoon Essence dan Double Hyaluronic Acid yang mampu membuat kulit lebih cerah dan berseri, serta lembap maksimal dalam  sekali pemakaian. 

2. Perfect Aqua Rich Mask - Luminous Moist Mask

Essence pada Luminous Moist Mask ini akan membuat kulitmu halus, kenyal, dan bercahaya, Teman Senka. Soalnya, formulasi Collagen G Extract dan ekstrak mutiara bisa meningkatkan kelembapan dan mempercepat regenerasi sel kulit, sehingga wajah nggak kusam lagi. Menariknya lagi, Double Hyaluronic Acid dan Silk Cocoon Essence (essence dari sutra kepompong) mampu memberikan kelembapan ekstra hingga 24 jam loh! Yuk, intip review-nya di sini.

3. Perfect Skin Fit Mask - HydratingEX Sea Grape

Diperkaya dengan Japanese Marine Algae Extract yang kaya akan kandungan vitamin dan Asam Amino 3, Varian HydratingEX Sea Grape memiliki 13x kandungan Skin Fit Mask dengan 3x HA Serum, sehingga dapat melembapkan wajah seharian. Selain itu, formulasi kaviar hijau (Sea Grapes Extract) pada masker ini pun memiliki kandungan vitamin dan Polisakarida, serta kandungan Triple Hyaluronic Acids yang bantu jaga kelembapan ekstra hingga 48 jam!

4. Perfect Skin Fit Mask - BrighteningEX Berry

Apabila kulitmu kusam, varian BrighteningEX Berry adalah pilihan yang tepat untukmu, Teman Senka. Soalnya kandungan Red Berries Complex dan Yoshino Cherry Blossom Leaf Extracts memberikan efek cerah merona alami pada wajah. Tak hanya itu, 13x tetes serum Triple Hyaluronic Acids pada Skin Fit Mask mampu memberikan sensasi melembapkan wajah ekstra 48 jam. 

Semua varian di atas bisa kamu dapatkan di gerai offline (Guardian, Watsons, Century, Kimia Farma, Ranch Market, Food Hall, Grand Lucky dan supermarket modern lainnya). Sementara itu, untuk gerai online, kamu bisa dapatkan langsung di Senka Official Store ya, Teman Senka!

Glosarium:

  1. Dermatologi: Ilmu tentang penyakit kulit dan pengobatannya
  2. Overnight mask: Perawatan wajah berupa masker yang dipakai sebelum tidur, serta hadir dalam dua tekstur yang berbeda, yakni gel dan krim. 
  3. Skin barrier: Lapisan terluar kulit yang memproteksi kulit dari radikal bebas
  4. Break out: Reaksi ketidak cocokan kulit berupa iritasi dengan produk skincare yang digunakan
  5. Sunburn: Masalah pada kulit akibat paparan sinar matahari berlebih sehingga kulit terbakar