Logo Logo

Kenali Apa itu Milia dan Penyebabnya

Milia atau lebih dikenal sebagai bintik susu yang muncul di bawah mata ini adalah sejenis kista berisi keratin yang terbentuk tepat di bawah kulit, tampak seperti benjolan putih atau kekuningan di permukaan. Kenali lebih lanjut apa itu milia dan penyebabnya berikut ini.

Memiliki ciri-ciri berbentuk bintik, berwarna putih, nggak jarang milia justru sering dianggap komedo. Milia merupakan kista berisi keratin yang terbentuk seperti benjolan putih atau kekuningan di bawah kulit, biasanya muncul di sekitaran bawah mata, hidung, dan dagu. Ada beberapa faktor yang menyebabkan milia, mulai dari kulit mati yang menjalar dan terperangkap di pori-pori dekat permukaan kulit, penyumbatan saluran keringat, kondisi kulit yang kotor, merokok, kurang tidur, hingga trauma atau infeksi kulit.

Kondisi ini nggak hanya terjadi pada orang dewasa saja, bahkan bayi pun bisa memiliki milia. Nggak jarang, adanya bintik milia ini dianggap mengganggu penampilan. Namun tenang saja karena masalah kulit ini bisa diatasi kok. Yuk, liat hal apa saja yang perlu kamu lakukan untuk mencegah dan mengatasi munculnya milia di bawah ini.

1. Pakai sunscreen

Nggak hanya menyebabkan sun spot pada kulit, efek negatif lainnya dari terkena paparan sinar UV ialah menebalkan kulit. Ketika kulit wajah terpapar sinar UV, jaringan epidermis menebal dan keratin yang berada di bawahnya pun menjadi susah untuk keluar. Untuk itu, jangan lupa selalu pakai sunscreen untuk meminimalisir efek buruk dari sinar UV pada kulit ya, Teman Senka. Psst, pilih oil-free sunscreen supaya pori-pori kulit wajahmu tidak tersumbat.

2. Perhatikan Asupan Makan

Mengonsumsi makanan daging dan lemak berlebih ternyata juga menjadi salah satu faktor penyebab munculnya milia, lho. Perhatikan asupan makan dengan menyeimbangkan konsumsi makanan yang mengandung protein dan vitamin. Sehingga, kondisi kulit juga terjaga dari dalam dan menghindari munculnya milia, serta masalah kulit lainnya.

3. Pakai retinol

Yes, kamu bisa mengurangi milia dengan menggunakan krim, lotion, atau serum yang mengandung retinol. Karena retinol merupakan vitamin A yang dapat mengeksfoliasi kulit dan membantu regenerasi sel pada kulit. Sebagai bentuk awal untuk meredakan milia yang muncul di permukaan kulit, aplikasikan retinol di area munculnya milia. Retinol dapat membantu sumbatan keratin muncul naik ke permukaan wajah, sehingga bisa dengan mudah keluar dan menghilang dengan sendiri.

 

4. Rutin Membersihkan Wajah

Last, but not least. Mungkin terlihat sepele, tapi rutinitas membersihkan wajah ini merupakan kunci dari kesehatan wajahmu, lho. Sad but true, bekas makeup, kotoran, dan bekas sunscreen pada permukaan kulit yang nggak hanya berakibat jerawat atau breakout, tapi juga dapat menyebabkan munculnya milia. Karena kotoran pada kulit wajah akan menumpuk pada pori-pori wajahmu dan berujung pada munculnya milia. Untuk itu, lakukan pembersihan ganda atau double cleansing setiap harinya, plus kamu bisa lakukan deep cleansing juga untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Nah, itu dia empat hal yang perlu kamu lakukan untuk mencegah dan meredakan milia pada kulit wajahmu. Seperti istilah, lebih baik mencegah daripada mengobati, baiknya perhatikan hal-hal dasar seperti menjaga asupan makan dan rutin membersihkan wajah. Senka Indonesia bisa membantu merawat dan menjaga kebersihan wajahmu. Pilih antara tiga jenis (oil-based, milk-based, dan water-based) facial cleanser Senka sesuai dengan preferensi dan jenis kulitmu. Lalu, akhiri dengan facial foam Senka sesuai dengan jenis kulitmu. Untuk deep cleansing dan mencerahkan kulit sekaligus, kamu bisa pakai varian Senka Perfect White Clay ya, Teman Senka.