Logo Logo

Ketahui Cara Menangani Kulit Kering & Kulit Dehidrasi!

Tak jarang kulit kering dan kulit dehidrasi dianggap masalah kulit yang sama. Padahal, kedua kondisi kulit ini berbeda dan perlu ditangani secara berbeda juga. Untuk itu, ketahui ciri-ciri dan penanganan dari kedua kondisi kulit ini.

Tak jarang kulit kering dan kulit dehidrasi dianggap masalah kulit yang sama. Padahal, kedua kondisi kulit ini berbeda dan perlu ditangani secara berbeda juga. Untuk menangani lebih lanjut, baiknya ketahui dulu ciri-ciri dari kedua kondisi kulit berikut ini.

Kulit Kering

Pori-pori yang hampir tidak terlihat, terdapat garis-garis halus yang lebih terlihat, elastisitas kurang, dan lingkaran hitam di bawah mata yang lebih terlihat adalah ciri-ciri dari jenis kulit kering. Tak hanya itu, kondisi kulit kering juga bisa menjadi parah hingga mudah terkelupas, iritasi, dan pecah-pecah jika terkena berbagai faktor.

Sebenarnya, terdapat dua faktor yang menyebabkan kulit kita kering, Teman Senka. Pertama, faktor internal, yaitu genetik, hormon, dan pengaruh usia. Kedua, faktor eksternal seperti perubahan musim atau cuaca, terlalu lama mandi atau terkena air, terlalu lama terpapar sinar matahari tanpa menggunakan sunscreen, dan perawatan wajah yang kurang cocok.

Sederhananya, kulit kering merupakan kondisi kulit yang kekurangan kadar minyak atau lipid. Nah, untuk mengatasi kulit kering kamu perlu memilih produk wajah yang bisa melembapkan kulitmu dengan baik. Gunakan produk-produk perawatan wajah yang mengandung hyaluronic acid, teknologi Aqua-in-pool, ekstrak atau minyak alami (shea butter, jojoba oil, mineral oil, almond oil, coconut oil, sakura essence). Dan hindari produk-produk yang mengandung pewangi, pewarna, dan alkohol, karena hal-hal tersebut justru akan membuat kulitmu semakin kering.

Kulit Dehidrasi

Di sisi lain, butuh perhatian lebih untuk mendeteksi kondisi kulit dehidrasi. Karena biasanya ketika kulit terasa kering, hal pertama yang ingin kamu lakukan adalah mengoleskan pelembap ke daerah kulit yang kering. Namun, setelah mengoleskan pelembap kulit masih saja terasa kering. Apakah kamu pernah merasakan hal seperti ini? Kalau iya, artinya kulit kamu mengalami dehidrasi, Teman Senka. Memang sedikit tricky, apalagi kita sebagai masyarakat yang tinggal di negara tropis dengan tingkat polusi yang termasuk tinggi.

Ciri-ciri dari kulit dehidrasi sebenarnya kurang lebih serupa dengan kulit kering. Tapi yang membedakan ialah, kulit dehidrasi lebih sensitif, terdapat area yang terasa gatal pada kulit, permukaan kulit berminyak tapi kulit tetap terasa kering.

Namun, buat kamu yang masih bingung cara membedakan kulit kering dan dehidrasi seperti apa bisa mencoba pinch test. Yes, pinch test adalah tes sederhana untuk mendeteksi kondisi kulitmu dengan mencubit kecil bagian pipi, perut, dada, atau bagian punggung tangan dan ditahan selama beberapa detik. Apabila kulitmu langsung kembali dengan cepat ke kondisi semula, artinya kulitmu tidak dehidrasi. Sebaliknya, kalau kulitmu terlihat lebih lama ke kondisi semula, artinya kulitmu dehidrasi. Friendly reminder, lakukan pinch test beberapa kali untuk memastikan lebih tepat kondisi kulitmu, ya.

Berbeda dengan kulit kering, faktor-faktor yang menyebabkan kulit kita dehidrasi biasanya disebabkan oleh faktor eksternal. Mulai dari polusi, obat-obatan, kurangnya asupan air dan makanan bernutrisi, eksfoliasi berlebihan, dan perubahan suhu yang ekstrim. Hal-hal ini mempengaruhi kandungan air dalam kulit kita.

Untuk itu, bagi pemilik kondisi kulit dehidrasi yang kamu perlukan adalah perawatan lebih dari dalam, yaitu mencukupi asupan air, mengurangi minuman beralkohol, mengurangi konsumsi kafein, dan kurangi kebiasaan merokok. Selanjutnya, kamu perlu merawat kulitmu dengan perawatan wajah yang bersifat humectant (kandungan yang melembapkan kulit dengan menarik air seperti magnet, sehingga menjaga kelembapan), serta produk perawatan dan pembersih wajah yang mengandung gliserin, hyaluronic acid,  teknologi Aqua-in-pool, dan amino acid.

Protip: untuk menjaga kesehatan baik kulit kering dan kulit dehidrasi, selalu basuh wajah dengan air biasa (hindari penggunaan air panas).

Mengetahui kondisi kulit tersebut, Senka Indonesia menyediakan rangkaian pembersih wajah buat pemilik kulit kering dan dehidrasi. Kamu bisa bersihkan wajah dengan memilih varian facial cleanser seperti: Senka A.L.L. Clear Oil, Senka A.L.L. Water White, dan Senka A.L.L. Clear Milk. Lalu, lanjutkan dengan facial foam Senka Perfect Whip atau Senka Perfect Whip White. Tentunya di dalam seluruh produk Senka dilengkapi kandungan Double Hyaluronic Acid dan White Cocoon Acid yang mampu membersihkan secara tuntas dan melembapkan sekaligus. Selain itu, di seluruh produk pembersih wajah Senka juga memakai teknologi Aqua-in-pool yang dapat menjaga keseimbangan kadar kelembapan kulit wajahmu. Jadi bisa merawat dan membersihkan kulit secara menyeluruh, deh!

Jadi, sekarang Teman Senka sudah tahu kan apa kondisi kulitmu dan bagaimana cara mengatasinya?