Logo Logo

Ketahui Manfaat Clay untuk Kulit Wajahmu!

Sudah sering banget kita denger masker, pembersih wajah, dan produk perawatan wajah lainnya yang terbuat dari clay atau tanah liat. Tapi sebenarnya, apa sih manfaat tanah liat untuk wajah?

Sudah sering banget kita dengar produk masker, pembersih wajah, dan produk perawatan wajah lainnya yang terbuat dari clay atau tanah liat.  Pasalnya, tanah liat ini merupakan kandungan yang dapat menyerap kotoran dan membantu dalam merawat kulit. Nggak hanya itu, jenis dari clay sendiri beragam dan memiliki manfaat yang berbeda. Nah, untuk lebih jelas mengenai apa saja jenis dan manfaat tanah liat untuk wajah, yuk langsung simak di bawah ini!

 


1. Bentonite Clay

Para pemilik kulit berjerawat atau berminyak pasti sudah familiar dengan jenis tanah liat yang satu ini. Yes, Bentonite Clay adalah salah satu kandungan tanah liat yang sering dimanfaatkan sebagai masker wajah. Berasal dari tanah liat alami, Bentonite Clay terkandung mineral bermanfaat seperti kalsium, magnesium, dan zat besi. Dengan kandungan mineralnya yang tinggi, jenis tanah liat yang satu ini memiliki daya serap yang tinggi. Sehingga, cocok banget buat merawat kulit berminyak dan menenangkan kulit berjerawat.

2. White Clay/Kaolin Clay

White Clay atau dikenal sebagai Kaolin Clay atau China Clay ini merupakan salah satu jenis clay yang paling lembut dari seluruh jenis clay yang dipakai pada produk skin care. Nama ‘Kaolin’ berasal dari kata ‘Kaoling’, yaitu nama dari salah satu bukit di China di mana clay ini pertama kali ditemukan. Kaolin Clay mengandung pH netral dan kaya akan silica dioxide. Dibandingkan dengan jenis clay lain (terutama Bentonite Clay),  Kaolin Clay tidak membuat kulitmu kering. Hal ini dikarenakan kandungan Kaolinite-nya yang tinggi yang lembut dan menjaga kulit wajah tetap sehat. Manfaat dari Kaolin Clay ialah dapat menenangkan kulit ruam dan iritasi, menyeimbangkan tone kulit, mengangkat sel kulit mati dan membantu mengontrol produksi minyak pada kulit wajahmu secara alami. Biasanya Kaolin Clay berwarna putih, pink, dan kehijauan. Selain itu, Kaolin Clay cocok untuk segala jenis kulit.

3. French Green Clay

Serupa dengan Bentonite Clay, jenis masker yang satu ini juga memiliki kandungan mineral yang tinggi, antara lain kalsium, copper, magnesium dan manganese. Kalau digambarkan, French Green Clay bertindak seperti magnet yang bisa menarik kotoran pada wajah. Selain itu, French Green Clay ini juga memiliki kemampuan eksfoliasi secara lembut yang dapat membersihkan kotoran dan mengangkat sel kulit mati secara lembut, serta dapat mencerahkan sekaligus. Sehingga, French Green Clay ini cocok buat kamu pemilik kulit normal hingga berminyak.

Nah, itu dia tiga jenis clay atau tanah liat beserta manfaatnya buat kulit wajahmu. Jangan sampai kamu salah memilih kandungan tanah liat pada perawatan wajahmu ya, Teman Senka. Ohya, Senka Indonesia juga memanfaatkan salah satu kandungan clay untuk salah satu facial foam-nya, lho! Senka Indonesia bertujuan membantu menjaga kebersihan wajah perempuan Indonesia, khususnya yang memiliki jenis kulit normal hingga berminyak. Produk facial foam itu adalah Senka Perfect White Clay! Dengan memasukkan kandungan White Clay/Kaolin Clay di dalamnya, Senka Perfect White Clay bisa membantu deep cleansing kulit wajahmu dan mencerahkan kulitmu sekaligus dengan 5x brightening effects. So, buat kamu yang ingin deep cleansing dan mencerahkan kulit secara bersamaan, bisa pakai Senka Perfect White Clay, ya! Go get yours on Shopee, Lazada, Sociolla, and Tokopedia.